Pengertian dan jenis-jenis paragraf

Pengertian, jenis-jenis paragraf, ciri-ciri paragraf


Pengertian dan jenis-jenis paragraf, sering kali kita mendengar kata paragraf, namun banyak yang belum mengerti apa itu paragraf. Lalu apa itu paragraf? jenis-jenis paragraf? nah berikut akan saya sampaikan mengenai Pengertian san jenis-jenis paragraf.

Menurut Wikipedia Sebuah paragraf (dari bahasa Yunani paragraphos, "menulis di samping" atau "tertulis di samping") adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru. Terkadang baris pertama dimasukkan; kadang-kadang dimasukkan tanpa memulai baris baru. Dalam beberapa hal awal paragraf telah ditandai oleh pilcrow

Sebuah paragraf biasanya terdiri dari pikiran, gagasan, atau ide pokok yang dibantu dengan kalimat pendukung. Paragraf non-fiksi biasanya dimulai dengan umum dan bergerak lebih spesifik sehingga dapat memunculkan argumen atau sudut pandang. Setiap paragraf berawal dari apa yang datang sebelumnya dan berhenti untuk dilanjutkan. Paragraf umumnya terdiri dari tiga hingga tujuh kalimat semuanya tergabung dalam pernyataan berparagraf tunggal. Dalam fiksi prosa, contohnya; tetapi hal ini umum bila paragraf prosa terjadi di tengah atau di akhir. Sebuah paragraf dapat sependek satu kata atau berhalaman-halaman, dan dapat terdiri dari satu atau banyak kalimat. Ketika dialog dikutip dalam fiksi, paragraf baru digunakan setiap kali orang yang dikutip berganti.

Pengertian Paragraf

Istilah paragraf sering disebut pula alinea. Paragraf merupakan kesatuan pikiran yang lebih tinggi atau lebih luas dari kalimat. Oleh sebab itu, paragraf merupakan himpunan sejumlah kalimat yang bertalian dan mendukung satu gagasan. Dalam sebuah paragraf, gagasan itu menjadi jelas oleh adanya uraian yang dikemukakan dalam bentuk kalimat-kalimat penjelas.


Dalam sebuah paragraf, terdapat beberapa kalimat. Dari beberapa kalimat tersebut, biasanya terdapat kalimat yang mengandung gagasan utama atau ide pokok dan gagasan pendukung. Gagasan utama merupakan ide paling pokok atau induk gagasan dari gagasan-gagasan lainnya (hal umum). Gagasan utama kemudian dapat dikembangkan dengan gagasan lain yang bersifat pendukung (hal-hal khusus). Gagasan pendukung menjadi semacam penjelas atau pemaparan yang lebih jelas dan mendalam dari gagasan utama. Gagasan pendukung dapat ditemukan dalam alasan dan perincian atau contoh dari sebuah uraian, yang bersumber dari gagasan utama.

ciri-ciri paragraf

Sebelum kita membahas tentang jenis jenis paragraf, lebih baik kita ketahui ciri ciri dari paragraf. Apa sajakah ciri-ciri dari paragraf tersebut. Berikut ini kitapunya.net akan jelaskan beberapa ciri ciri dari paragraf.


  • Biasanya untuk kalimat pertama pada suatu paragraf, letak dari kata pertama agak ke dalam. Berdasarkan standar internasional, kalimat pertama pada sebuah paragraf akan agak kedallam kira kira 5 spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk lebih mudahnya gunakan saja Ms Word, dan langsung tekan Tab. Maka akan langsung dimulai menulis artikel dengan kalimat pertama agak masuk ke dalam.
  • Paragraf mempunyai kalimat utama yang letaknya bisa di awal, di akhir atau campuran. Dalam kalimat utama ini kita bisa menyimpulkan tema atau topik yang dijelaskan dalam paragraf tersebut.
  • Selain terdiri dari kalimat utama, dalam sebuah paragraf juga terdapat beberapa kalimat penjelas yang akan membantu menerangkan tema.

Paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas, kalimat utama sifatnya lebih umum, tetapi kalau kalimat penjelas sifatnya adalah lebih spesifik atau khusus.

jadi kesmpulanya adalah suatu kumpulan satu kesatuan pikiran yang lebih tinggi dan juga lebih luas dari pada kalimat, lalu apakah ada jenis-jenis paragraf? tentu saja ada.

Jenis-jenis Paragraf


Setelah membaca ciri-ciri  paragraf yang telah disebutkan di atas, kita dapat memahami bagai mana bentuk sebuah paragraf itu. Selanjutnya akan kita bahas tentang jenis-jenis dari paragraf. Adapun jenisnya sebagai berikut:

Berdasarkan kalimat utamanya, paragraf dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran. Berikut ini penjelasan dari ketiga macam paragraf yang sudah saya sebutkan diatas.

a Paragraf induktif
Suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf (kalimat pertama) disebut dengan paragraf deduktif.

b, Paragraf deduktif
Suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf (kalimat terakhir) disebut dengan paragraf induktif.

c. Paragraf campuran

Suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan di akhir paragraf disebut dengan paragraf campuran.

nah itulah Pengertian dan jenis-jenis paragraf yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menambah wawasan kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan jenis-jenis paragraf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel